Tentang VB

Sejarah Visual Basic

Penanggalan Sejarah Visual Basic kembali ke tahun 1991 ketika VB 1.0 diperkenalkan. Inti dari Visual Basic dibangun pada bahasa BASIC yang lebih tua, yang merupakan bahasa pemrograman populer sepanjang tahun 1980.


Alan Cooper telah mengembangkan antarmuka drag-and-drop di akhir 1980-an, Microsoft mendekatinya dan menanyakan perusahaan itu, Tripod, untuk mengembangkan konsep ke bentuk 'building application'. Tripod mengembangkan proyek untuk Microsoft. Itu disebut Ruby dan tidak termasuk bahasa pemrograman sama sekali. Microsoft memutuskan untuk membundel itu dengan bahasa pemrograman BASIC, menciptakan Visual Basic. Ruby juga menyediakan kemampuan untuk me-load dynamic link library berisi kontrol tambahan (kemudian disebut 'gizmos'), yang kemudian menjadi antarmuka VBX.


Sejarah Singkat Visual Basic (1,0-6,0) 

  • Visual Basic 1.0 untuk Windows dirilis pada Mei 1991 di sebuah pameran dagang di Atlanta, Georgia.
  • Visual Basic 2.0 dirilis pada November 1992. Lingkungan pemrograman lebih mudah digunakan, dan kecepatan yang ditingkatkan. Terutama, bentuk menjadi objek inti, sehingga meletakkan konsep dasar dari modul kelas kemudian ditawarkan dalam VB4.
  • Visual Basic 3.0 dirilis pada tahun 1993 dan datang dalam versi Standar dan Profesional. VB3 termasuk versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine yang dapat membaca dan menulis Jet (atau Access) 1.x database.
  • Visual Basic 4.0 dirilis pada bulan Agustus 1995. Ini adalah versi pertama yang dapat membuat 32-bit serta 16-bit Windows program. Hal ini juga memperkenalkan kemampuan untuk menulis non-GUI class pada Visual Basic. Sementara versi sebelumnya dari Visual Basic telah menggunakan kontrol VBX, Visual Basic sekarang digunakan kontrol OLE (dengan nama file berekstensi. Ocx) sebagai gantinya. Ini yang kemudian diberi nama kontrol ActiveX.
  • Dengan versi 5.0 rilis pada bulan Februari 1997, Microsoft merilis Visual Basic secara eksklusif untuk versi 32-bit Windows. Programmer yang lebih suka menulis program 16-bit yang dapat mengimpor program yang ditulis dalam Visual Basic 4.0 ke Visual Basic 5.0, dan Visual Basic 5.0 program dengan mudah bisa dikonversi dengan Visual Basic 4.0. Visual Basic 5.0 juga memperkenalkan kemampuan untuk menciptakan kontrol custom user, serta kemampuan untuk kompilasi ke kode native Windows executable, mempercepat eksekusi kode perhitungan-intensif. Sesuatu yang gratis dan juga dapat diunduh, Control Creation Edition juga dirilis untuk pembuatan kontrol ActiveX.
  • Visual Basic 6.0 dirilis pada pertengahan 1998 semakin baik dalam beberapa hal termasuk kemampuan untuk membuat aplikasi berbasis web. VB6 telah menjadi versi yang paling berhasil dalam sejarah Visual Basic, telah memasuki 'fase tidak didukung' Microsoft pada Maret 2008. Meskipun lingkungan pengembangan tidak lagi didukung, runtime masih didukung pada Windows Vista, Windows Server 2008 dan Windows 7.


Dukungan Mainstream untuk Microsoft VB 6.0 yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2005. Extended dukungan berakhir pada Maret 2008. Sebagai tanggapan, komunitas pengguna Visual Basic menyatakan keprihatinan dan melobi pengguna untuk menandatangani petisi untuk menjaga produk ini tetap hidup. Tetapi Microsoft sejauh ini menolak untuk mengubah posisi mereka mengenai masalah ini.


Sejarah Singkat Visual Basic. NET (7,0-9,0) 

  • Visual Basic. NET adalah pengganti Microsoft ditunjuk untuk VB 6.0, dan merupakan bagian dari platform NET. Microsoft. Ini mengkompilasi dan berjalan diatas NET Framework. Dan tidak kompatibel dengan VB 6.0. Sebuah alat konversi otomatis disediakan, tetapi untuk kebanyakan proyek, konversi otomatis adalah mustahil. Visual Basic.NET dirancang untuk menciptakan Aplikasi NET, Windows atau aplikasi Web, dan Web Services.
  • Visual Basic. NET 2003 yang dirilis pada April 2003. Microsoft merombak Visual Basic dari dasar, termasuk semua fasilitas pemrograman berbasis obyek dan integrasi lengkap dengan Common NET Framework Language Runtime (CLR). Rilis ini menjadi versi pertama dalam sejarah  visual basic dalam menyediakan tool pemrograman untuk Pocket PC dan perangkat selular lainnya, ia juga telah lebih baik dalam fitur XML dan dukungannya untuk Windows Server 2003.
  • Pada tahun 2005, Microsoft merilis Visual Studio 2005, yang berisi Visual Basic 8.0 dan NET Framework. 2.0. Visual Basic 2005 adalah nama yang digunakan untuk merujuk pada update-nya, dimana Microsoft memutuskan untuk menghilangkan bagian .NET pada judulnya. Fitur barunya terdiri dari evaluasi Design-time expression, My pseudo- namespace, dynamically generated classes (kelas-kelas yang dihasilkan secara dinamis) dan Data Source binding untuk klien database untuk lebih memudahkan pengembangan server. Peningkatan ini terutama ditujukan untuk memperkuat fokus VB sebagai platform pengembangan aplikasi yang cepat dan lebih membedakan dari C #.
  • Pada tahun 2005, Microsoft juga meluncurkan Visual Basic 2005 Express sebagai bagian dari berbagai produk Visual Studio Express, Edisi Express adalah free development tools yang memiliki versi streamline pada user interface, dan kurangnya fitur yang lebih canggih dari versi standar. Microsoft menciptakan ini untuk mahasiswa, penggemar dan novis. Ini adalah peristiwa penting dalam sejarah  visual basic dimana pertama kalinya VB menjadi tersedia gratis.
  • Pada tahun 2008, Microsoft meluncurkan Visual Studio 2008 yang berisi VB 9.0 dan NET Framework. 3,5. Visual Basic 2008 seperti yang diketahui, termasuk fitur seperti jenis Anonymous, dukungan untuk LINQ, ekspresi Lambda dan literal XML. Pada tahun 2008, Microsoft juga merilis Visual Basic 2008 Express gratis sebagai versi terbaru dari Visual Basic 2005 Express.
  • Pada tahun 2010 Microsoft merilis Visual Basic 2010 (VB 10.0) yang merupakan bagian dari Visual Studio 2010 dengan NET Framework. 4.0. Versi ini berisi banyak Compiler dan prasarana Bahasa seperti Auto-Implemented Properties, Collection Initializers and Implicit Line Continuation. Integrated Development Environment juga menyertakan fitur baru seperti Highlighting References dan IntelliSense Suggestion Mode.


Topik Sejarah Visual Basic selalu fokus pada pengembangan aplikasi yang cepat, itulah yang membuat Visual Basic menjadi suatu lingkungan pemrograman yang banyak digunakan.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Tuliskan komentar anda