Jumat, 25 Maret 2011

Tutorial Pemula - "Halo, apa kabar dunia!"

Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang besar. Bukan hanya karena mudah untuk dipelajari, tetapi banyak aplikasi bisnis menggunakannya secara ekstensif untuk aplikasi mereka. Jika Anda baru mulai belajar untuk mengembangkan aplikasi, ini adalah bahasa yang tepat untuk memulainya. Tutorial ini dan banyak tutorial  Visual Basic lainnya  di situs ini akan memberikan kepada Anda dasar yang kuat dalam pengetahuan  Visual Basic.

Mari kita langsung memulai dengan sebuah aplikasi sederhana. Ketika Anda selesai dengan tutorial  Visual Basic ini, Anda sudah memiliki aplikasi lengkap ketika Anda mengklik tombol yang akan mengatakan "Halo, apa kabar dunia!"

Buka Microsoft Visual Basic 6.0 (VB6)
Kotak dialog New Project akan muncul. Jika tidak, maka klik menu bar dan pilih File => New Project
  • Langkah 1
Dalam dialog New Project pilih Standard EXE, dan klik tombol Open.

Secara default, Ini akan memunculkan aplikasi  Projek1 dengan tampilan Form1.

Visual Basic telah mempersiapkan segalanya untuk kita. Seperti yang anda lihat tutorial ini tidak terlalu panjang, tetapi Anda sudah  memiliki sebuah aplikasi yang bekerja penuh. Anda dapat melihat program baru Anda dengan mengklik menu bar dan pilih Run -> Start (Atau cukup tekan tombol F5).
Anda akan melihat jendela Form1 muncul.
  • Langkah 2
Ini merupakan aplikasi yang berfungsi secara penuh. Anda dapat meggerakkannya di sekitarnya, meminimalkan dan memaksimalkan itu, dan menutupnya. Jikalau Anda ingin melakukan hal yang sama di C + + ; yang merupakan bahasa asli sebagian besar Windows ditulis, Anda harus menulis ratusan bahkan ribuan baris kode. Dengan VB, Anda telah berada pada tempat yang tepat, untuk mendapatkan kekuatan ekstrem VB yang akan Anda terima. Sekarang mari kita lanjutkan dengan tutorial ini.

Mari membuat sebuah program yang akan menyapa Anda!
  • Langkah 3
Di sisi kiri layar Anda dapat melihat toolbox (jika ini tidak muncul pergi ke menu bar diatas dan pilih View -> Toolbox). Dalam toolbox ini Anda akan melihat ikon tombol. Klik dua kali ikon tombol maka akan terciptalah CommandButton Command1 di tengah form Anda. Cara kedua adalah dengan mengklik satu kali ikon tombol lalu bawa kursor ke daerah form, klik-tahan lalu seret kursor sampai ukuran yang Anda inginkan, lalu lepas.
  •  Langkah 4
Jika Anda menjalankan program sekarang (Tekan F5), Anda akan melihat form Anda sekarang memiliki tombol berlabel Command1 di tengah, tapi jika Anda mengklik tombol ini, dia tidak melakukan apa-apa. Jadi mari kita link supaya program kami akan mengatakan "Halo, apa kabar dunia!" ketika Anda mengklik tombol. Tutup program Anda dengan klik tanda "X" dipojok kanan atas form sehingga Anda kembali ke lingkungan desain utama.

Visual Basic memungkinkan Anda untuk melakukan pemrograman event driven. Ini adalah konsep yang sangat kuat dan mudah digunakan. Pemrograman Event driven bekerja sebagai berikut: Sebuah objek pada Visual Basic memiliki berbagai event berbeda yang didefinisikan ketika sebuah hal tertentu sedang berlangsung, atau sesuatu menimpa pada objek tersebut. Kita sebagai pemrogram dapat link ke dalam peristiwa tersebut dan menulis kode untuk melakukan apa yang kita inginkan. Satu even yang sangat berguna adalah even Klik. Peristiwa ini terjadi setiap saat pengguna mengklik pada objek tertentu. Aku yakin bayangan sudah berputar di kepala Anda, jika kita ingin menyapa dunia ketika seseorang mengklik tombol pada form kita maka kita harus melakukan sesuatu pada even Klik untuk tombol Command1. Ya, itulah apa yang akan kita lakukan.

Untuk menulis kode event klik, klik dua kali pada tombol Command1. Ini akan memunculkan kode editor dan secara otomatis akan menulis kode awal untuk menangani event klik.
  • Langkah 5
Sekarang Anda adapat meletakkan kode apapun antara Private Sub ... dan pernyataan End Sub yang akan dijalankan ketika pengguna mengklik tombol Command1. Untuk menunjukkan ini kita akan memiliki sebuah kotak pesan muncul menyapa dunia. Jadi tambahkan baris kode ini:

Private Sub Command1_Click ()
   MsgBox "Halo, apa kabar dunia!"
End Sub

MsgBox adalah fungsi yang dibangun Visual Basic untuk membuat message box yang akan ditampilkan kepada pengguna. Parameter pertama yang diambil fungsi ini adalah string teks yang ingin Anda  tampilkan. Kita memilih string teks "Halo, apa kabar dunia!", Atau apapun yang ingin anda tuliskan. MsgBox juga mengambil parameter lain untuk menentukan hal-hal seperti tombol apa yang ingin ditampilkan dan apa keterangan yang digunakan, tetapi ini akan kita diskusikan nanti. Untuk sekarang mari kita lihat bagaimana ini bekerja. Jalankan program yang baru  Anda buat dengan menekan F5. Setelah program ini berjalan klik tombol Command1, Anda akan melihat kotak pesan yang mengatakan Hello, World! muncul.
  • Langkah 6
Tambahkan sebuah tombol Command lagi pada form dengan cara yang sama seperti diatas, maka pada form tercipta Command2. Dobel klik, lalu tambahkan kode end seperti berikut:

Private Sub Command2_Click ()
  End
End Sub

Ini akan menjadi tombol untuk keluar dari aplikasi yang anda buat, selain menggunakan "X' pada pojok kanan atas form.

Selamat! Anda telah menulis sebuah program kerja Visual Basic lengkap lewat tutorial pemula- "Halo, apa kabar dunia!". Baca beberapa tutorial VB6 kami yang lain untuk belajar bagaimana kekuatan bahasa ini sebenarnya.



Artikel yang berkaitan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda