Selasa, 29 Maret 2011

Apakah Visual Basic 6 Telah mati?

Apakah Visual Basic 6 Telah mati?

Tidak!

Hari ini, VB.NET telah menjadi sangat populer di kalangan pengembangan aplikasi. Visual Studio 2005, yang berisi VB.NET, adalah produk luar biasa. Bahasa programmer ini sekarang benar-benar berorientasi objek dan yang membuatnya menjadi alat pengembangan yang kuat untuk semua jenis proyek-proyek besar.

Namun, beberapa kekuatan VB.NET juga kelemahan utama. Faktanya adalah orientasi objek-nya akan meningkatkan produktivitas programmer . Bagaimanapun juga, dunia ini penuh dengan programmer yang menggunakan VB 6, dia masih merupakan bahasa yang paling populer di dunia. Para programmer merasa nyaman dengan VB 6 dan 'environment'-nya yang tidak terlalu 'object-oriented' dan terbukti sangat enggan untuk beralih ke teknologi yang baru, karena mereka harus menguasainya dulu sebelum menjadi produktif.

Juga, untuk mengimplementasikan  sepenuhnya NET Framework yang baru, Microsoft telah mengorbankan backward compatibility. Itu berarti bahwa anda tidak dapat secara otomatis mengkonversi aplikasi dari VB 6 ke VB.NET. Bila Anda pindah dari VB5 ke VB6, konversi itu tidak akan terasa. Segala sesuatu yang bekerja di VB 5 masih bekerja di VB 6 ditambah beberapa fitur baru yang kemudian terserah anda untuk mengimplementasikannya atau tidak.

Hal itu tidak akan terjadi lagi, untuk memindahkan aplikasi dari VB 6 ke VB.NET Anda harus melakukan utilitas konversi. Proses ini akan mengubah sebagian besar kode 6 VB, tetapi tidak semua. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan harus secara manual mengkonversi 20% dari kode. Pada sebuah proyek besar, ini akan menjadi suatu usaha besar!

Departemen Pemasaran di Microsoft mungkin menghitung bahwa jika mereka akan benar-benar membuat orang untuk pindah ke VB.NET, mereka harus menyediakan alat konversi - jika hanya untuk menciptakan ilusi bahwa itu adalah sesuatu yang mudah, upgrade aja langsung.

Jadi, VB 6 tetap, dan akan tetap untuk waktu yang lama, lingkungan pemrograman yang paling populer. Jutaan programmer tumbuh dengan Visual Basic 6 dan mereka telah menciptakan suatu kesetiaan pada satu bahasa pemrograman. Jika anda ingin mengkonfirmasi hal itu, nimbrung aja ke salah satu dari banyak forum yang membahas perangkat lunak Microsoft dan produknya.

Tidak ada alasan mengapa anda tidak bisa terus menggunakan VB 6 selama yang anda mau. Bahkan pada Windows baru (Vista, yang dirilis sekitar tahin 2007) Microsoft telah menawarkan beberapa dukungan untuk VB 6. Tetapi anda tidak akan bisa mendapatkan Tech Support dan tidak akan ada Paket Service,  tetapi bahasa ini akan terus bekerja seperti yang telah bertahun-tahun dilalui.

Salah satu masalah hanya dengan menggunakan VB 6 adalah bahwa anda tidak dapat membeli copy resmi lagi. Microsoft tidak menjual salinan baru dari perangkat lunak ini. Tetapi ada sumber lain, seperti Amazon dan eBay dimana anda dapat menemukan salinan baru untuk menggunakan software ini.

Jika anda baru dalam VB 6 atau anda hanya ingin meningkatkan keterampilan, carilah sendiri beberapa tutorial yang bagus, seperti yang ada di sini. Juga, carilah beberapa buku yang bagus untuk dibaca, seperti yang dijual di Gramedia atau sejenisnya.


Artikel yang berkaitan:

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Ini adalah sekedar tes komentar.

boyboy mengatakan...

udah resiko jika mengambil kerjaan berhubungan degnan ti ya harus belajar terus sampe kakek nenek... kecuali pindah kerja jadi bertani...

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda